SEKILAS INFO
: - Jumat, 12-08-2022
  • 9 bulan yang lalu / PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS 
Kalian tau pada tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari apa?

Kalian tahu tidak tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari apa? yap! hari AIDS sedunia.
Tahukah kalian apa itu AIDS? apa penyebab AIDS? apa gejala dari AIDS? dan bagaimana cara mencegah nya? yuk simak artikel berikut ini, supaya kalian mengetahui dan mengerti tentang penyakit AIDS ini.

Apa itu AIDS?
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS merupakan tahapan akhir dari penyakit infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Namun, tidak semua akan pengidap HIV AIDS, karena AIDS merupakan sindrom atau kumpulan kumpulan dari gejala yang muncul dari sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah. Infeksi yang seharusnya tidak parah pada orang normal, dapat saja menjadi mematikan bagi penderita AIDS.

Apa penyebab AIDS?
AIDS disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). HIV yang masuk ke dalam tubuh akan menghancurkan sel CD4. Sel CD4 adalah bagian dari sel darah putih yang melawan infeksi. Semakin sedikit sel CD4 dalam tubuh, maka semakin lemah pula sistem kekebalan tubuh seseorang.

Gejala-gejala apa saja pada penyakit AIDS?
Berbagai gejala AIDS umumnya tidak akan terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Kebanyakan kondisi tersebut akibat infeksi oleh bakteri, virus, fungi dan parasit, yang biasanya dikendalikan oleh unsur-unsur sistem kekebalan tubuh yang dirusak HIV. Infeksi oportunistik umum didapati pada penderita AIDS HIV, yang dapat memengaruhi hampir semua organ tubuh. Penderita AIDS juga berisiko lebih besar menderita kanker seperti sarkoma Kaposi, kanker leher rahim, dan kanker sistem kekebalan yang disebut limfoma.
Biasanya penderita AIDS memiliki gejala infeksi sistemik; seperti demam, berkeringat (terutama pada malam hari), pembengkakan kelenjar, kedinginan, merasa lemah, serta penurunan berat badan.
Infeksi oportunistik tertentu yang diderita pasien AIDS juga tergantung pada tingkat kekerapan terjadinya infeksi tersebut di wilayah geografis tempat hidup pasien.

Bagaimana cara mencegah nya?
1. Melakukan hubungan seksual yang aman.
2. Hindari penggunaan obat-obatan terlarang.
3. Tidak berbagi jarum suntik.
4. Membicarakan dengan dokter mengenai gejala AIDS yang muncul.
5. Jujur dengan pasangan, agar tidak menularkan penyakit HIV/AIDS.

Pengumuman Terbaru

INFO PPDB